Hal-Hal yang Wajib Diketahui untuk Menjadi Seorang Pilot

Sungguh membanggakan profesi sebagai pilot. Sebuah karir yang cukup bergengsi di dunia dan dari segi penghasilannya pun tergolong sangat fantastis. Namun tentu saja, hanya segelintir orang yang mampu mencapainya karena profesi ini merupakan sebuah pekerjaan yang penuh pengorbanan sekaligus juga tantangan. Dari segi pendidikan sekolah pilot memiliki nilai lebih, yaitu durasi yang sangat pendek kurang lebih 18 bulan, bahkan ada beberapa sekolah pilot yang mampu meluluskan para cadet dalam masa 12 bulan.

Dengan hal ini profesi pilot memungkinkan untuk dicapai sejak usia muda. Ketika jam terbang yang diperoleh telah memenuhi syarat untuk mendapat surat izin terbang (lisensi), pilot bisa lulus dan memiliki kesempatan untuk masuk dalam dunia kerja. Bercita-cita ingin jadi pilot? Berikut hal-hal yang wajib diketahui:

Biaya sekolah

Sekolah pilot diklaim sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki biaya mahal, baik itu di dalam maupun luar negeri. Hal ini dilihat dari jumlah biaya yang dibutuhkan selama pendidikan kurang lebih IDR 800 juta terutama untuk sekolah pilot swasta. Jumlah nominal yang tidak sedikit terutama bagi kalangan menengah dan bawah, inilah salah satu faktor hambatan yang kerap dialami sebagian besar orang untuk masuk sekolah pilot. Mahalnya sekolah pilot didasari oleh biaya pajak pesawat latih yang relatif tinggi yakni sekitar 10 persen. Di samping itu, biaya yang dikeluarkan oleh siswa pilot ialah untuk memenuhi kebutuhan selama pendidikan, mulai dari asrama, makan, seragam, buku, serta sarana, dan prasarana lain yang mendukung pendidikan cadet.

Syarat pendaftaran

Untuk bisa mendaftar sebagai salah satu calon siswa pilot, terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan pihak sekolah yang tujuannya ialah untuk mendapatkan calon pilot berkualitas dan memiliki kemampuan serta keahlian dalam dunia penerbangan. Syarat mendaftar di sekolah secara umum sebagai berikut:

  • Usia minimal 17 tahun
  • Lulusan SMA/SMK/STM/sederajat
  • Mampu berbahasa Inggris
  • Punya kesehatan yang baik
  • Berat badan ideal

Memenuhi semua persyaratan adalah hal yang wajib dipersiapkan calon siswa jika ingin lulus dan diterima sebagai cadet pilot. Mengetahui berbagai persyaratan sesegera mungkin bermanfaat dalam memperoleh peluang untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Misalnya untuk kemampuan berbahasa asing, jika masih cetek bisa menambah pengetahuan dengan cara ikut kursus. Begitu juga untuk keseimbangan berat badan, untuk calon siswa yang mengalami berat badan berlebih harus sebisa mungkin menurunkan berat badannya agar lulus seleksi.

Konsekuensi dari profesi pilot

Saat pendidikannya cadet pilot memiliki peraturan yang ketat, seperti tidak boleh membawa handphone ke dalam asrama, membolos, apalagi mengkonsumsi minuman dan obat terlarang. Banyak sanksi yang bisa diterima cadet termasuk pula dikeluarkan dari sekolah. Di samping itu, setiap pekerjaan tentu memiliki resiko termasuk pilot. Bahkan konsekuensi dari profesi ini amat beresiko pada kesehatan fisik, salah satu contohnya ialah untuk jadwal penerbangan yang rutin bisa mengalami kanker kulit karena efek dari perubahan cuaca. Selain itu, tanggung jawab sebagai seorang pengemudi pesawat terbang ini juga sangatlah besar karena membawa banyak nyawa. Seperti yang diketahui hingga saat ini kecelakaan pesawat tak hanya pada saat berlatih tetapi juga penerbangan komersial yang membawa puluhan bahkan ratusan penumpang. Cuaca buruk merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dihindari ketika mengudara.

Mulai dari pendidikan hingga karir yang diterjuni dalam dunia penerbangan harus dikenali lebih dalam agar dapat menjalani profesi tersebut dengan aman dan nyaman. Jadilah sebagai penerbang yang profesional dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *